Thursday 24 September 2015

Asma

http://egafarizi.blogspot.com

Tips mengobati asma

Sehat adalah dambaan dari semua orang, tetapi ada beberapa penyakit yang tidak bisa dihindari saat berada dikandungan, atau bisa disebut penyakit genetik/keturunan. Dan salah satu penyakit keturunan adalah Asma dalam bahasa latin artinya terengah-engah, Penyakit tersebut menyerang saluran pernafasan di bagian bronkhial paru-paru yang mengalami penyempitan.sehingga si penderita sering mengalami kesulitan dalam bernafas/terengah-engah.

Selain sebagai penyakit genetik/keturunan penyakit ini juga bisa menyerang dengan tiba-tiba yang disebabkan oleh beberapa faktor:

1. Karena infeksi kuman Staphilococus, Streptococus dan jenis Virus Influensa
3. Alerrgi Debu, Asap rokok, asap pabrik dan asap kendaraan bermotor
4. karena perubahan cuaca
5. Karena menghirup minyak wangi/zat kimia
6. Stress dan kecapaian
7. Sering mengkonsumsi Obat-obatan: Aspirin, obat untuk nyeri sendi

Sedangkan penyakit asma sendiri tidak dapat disembuhkan secara total tapi bisa dikurangi dengan mengetahui sumber pemicu terjadinya asma dan menjauhinya.
Adapun beberapa ciri dari penyakit asma yang perlu kita ketahui, Berikut beberapa ciri/gejala asma:

Ciri penyakit asma

1. Kesulitan bernafas dan tersengal-sengal saat bernafas
2. Sering merasa tegang dn gugup
3. Merasa capai
4. Nafas berat saat tidur dan biasanya mengeluarkan bunyi (mengi}
5. Bersin-bersin dan hidung mampet
6. Susah untuk tidur
7. Kadang merasa mual dan ingin muntah
8. Mengalami demam ringan dan kening berkeringat
9. Gatal pada tenggorokan dan batuk-batuk
10. Sulit untuk konsentrasi dan berbicara

Sedangkan untuk cara pencegahanya sendiri, ada beberapa hal yang juga pelu kita ketahui.

 Pencegahan penyakit asma

1. Hindari pemicu terjadinya penyakit asma. Seperti debu, asap rokok, asap kendaraan bermotor, dll.

2. Menjaga kesehatan dan kebesihan lingkungan. Selain menjaga kesehatan dgn olahraga, makan makanan bergizi dan istirahat yag cukup, kebersihan lingkungan juga harus diperhatika agar kita tidak terkena berbagai penyakit, termasuk asma.

3. Jika sudah mengidap penyakit asma selalu bawalah obat khusus untuk asma. Dikhawatirkan jika sewaktu-waktu kambuh kita bisa langsung menggunakanya, supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak kita iginkan.

obat penyakit asma tradisional

Terakhir adalah mengetahui obatnya, Para ahli pengobatan alami telah menemukan beberapa obat asma tradisional anatara lain.

http://egafarizi.blogspot.com

1. Madu

 Seperti firman Alloh (QS. An-Nahl, 16: 69) Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, didalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Rabb) bagi orang-orang yang memikirkan.

Dan menurut penelitian madu memiliki molekul gula seperti glukosa dan fruktosa serta mineral seperti magnesium, kalium, potasium, sodium, klorin, sulfur, besi dan fosfat, dan mengandung vitamin B1, B2, C, B6 dan B3 Madu tersusun atas beberapa molekul gula seperti glukosa dan fruktosa serta sejumlah mineral seperti magnesium, kalium, potasium, sodium, klorin, sulfur, besi dan fosfat.

Madu juga mengandung vitamin B1, B2, C, B6 dan B3 Madu tersusun atas beberapa molekul gula seperti glukosa dan fruktosa serta sejumlah mineral seperti magnesium, kalium, potasium, sodium, klorin, sulfur, besi dan fosfat. Madu juga mengandung vitamin B1, B2, C, B6 dan B3 serta kandungan tembaga, yodium dan seng dalam jumlah yang kecil.
sedangkan untuk pengoatanya sendiri, madu bisa langsung diminum

2. Daun kemangi,

selain bisa menghilangkan bau kringat ternyata daun kemangi juga bisa menghilangkan gejala asma dan mengembalikan pernafasan menjadi normal kembali. Cara mengkonsumsinya pun cukup mudah, bisa langsung dimakan, bisa juga dijus dengan dicampur madu.

3. Jahe & apel,

Ternyata jahe & apel juga perperan sebagai obat tradisional yang dapat meringankan gejala asma. Kandungan serat serta zat anti oksidan pada jahe ternayata dapat mengurangi resiko penyakit asma. begitu pula apel, kandungan quersetinnya terbukti mampu memberikan perlindungan terhadap penyakit asma.
Cara pengobatan dengan jahe cukup mudah, bisa langsung dijadikan minuman bisa juga untuk bumbu masak. sedangkan apel sendiri bisa langsung dimakanataupun dijus.



No comments:

Post a Comment