Sunday 11 October 2015

Obat batuk berdahak

Batuk berdahak


obat batuk berdahak

 Dari sekian banyak penyakit, batuk merupak salah satu penyakit yang sering dialami atau bahkan semua orang baik balita sampai yang tua pernah mengalaminya. Kenapa itu bisa terjadi? jawabanya karena batuk merupakan penyakit yang terjadi disaluran pernafasan yang disebabkan oleh virus, maka dari itu batuk bisa menimpa siapa saja.
Sedangkan batuk mempunyai jenis yang berbeda-beda dan mempunyai sebab-sebab yang berbeda pula. Ada 3 jenis batuk menurut pakar kesehatan, antara lain batuk kering, batuk berdahak da batuk berdarah {batuk yang diertai darah}.

Untuk indikasi awal batuk kering biasanya ada rasa gatal di tenggorokan sehingga memicu batuk. Batuk jenis ini biasanya terjadi saat tenggorokan bagian atas sedang mengalami peradangan. Sedangkan untuk batuk berdahak indikasi awal biasanya ada dahak ditenggorokan sehigga memicu otak dan menganggap dahak ditenggorokan itu benda asing dan berusaha menghilangkanya dengan batuk. Kalau untuk batuk berdarah {batuk yang disertai darah} bisa  timbul akiat beberapa kondisi, beberapa kondisi disini maksutnya bisa kondisi serius bisa juga kondisi tidak serius.

Contoh sederhana kondisi serius, jika anda seorang perokok dan tiba-tiba mengalami batuk berdarah, kemungkinan itu gejala dari suatu kondisi/penyakit yang serius. dan misal batuk berdarah dialami seseorang sedangkan seseorang tersebut mempunyai riwayat kesehatan dan kebiasaan yang baik, kemungkinan itu bukan merupakan gejala penyakit serius. Dan sebaiknya khusus jenis batuk berdarah ini terjadi, langkah yang harus diambil adalah segera memeriksakan ke dokter/rumah sakit.
Ada beberapa bahan alami untuk mengobati batuk berdahak, bahan-bahan tersebut antara lain:

Obat batuk berdahak tradisional


1. jeruk nipis
obat batuk berdahak
Sunguh banyak kandungan yang bermanfaat dari buah kecil ini, kandungan tersebut antara lain, Vitamin C ,Vitamin B1, Protein, Lemak, Karbohidrat, Mineral, Kalsium, Fosfor, Zat besi, Asam askorbat, Air. Selain dipercaya mampu meredakan ambeyen, dan amandel ternyata buah kecil ini sangat bermanfaat untuk meredakan batuk berdahak. Cara membuatnya cukup mudah, peras jeruk nipis tersebut lalu campur dengan kecap ataupun madu agar rasanya tidak terlalu asam/kecut, Lalu minum campuran tersebut 2 hingga 3 kali sehari. Bisa juga dengan membelah jeruk nipis tersebut menjadi dua bagian, taburi kecap/madu diatasnya, dan langsung bisa anda minum.

2. Jahe

obat batuk berdahak
Jahe juga mempunyai kandugan yang sangat bermanfaat, antara lain: Minyak atsiri zingiberena (zingirona), zingiberol, bisabolena, kurkumen, gingerol, filandrena, dan resin pahit. Dan kandungan-kandungan tersebut mampu meredakan tersumbatnya pembuluh darah, membuat lambung menjadi nyaman, dan batuk berdahak. Karena batuk berdahak perlu selalu menjaga tubuh agar tetap hangat, mungkin jahe bisa menjadi solusinya sebagai obat yang tepat. Cara membuatnya, tumbuk jahe tersebut, lalu taruh digelas bisa juga anda tambah dengan gula aren, tuang air panas dan minum minimal satu kali sehari.

3. Kencur



Karena kandungan minyak atsiri dan alkaloid, kecur dipercaya bisa menyembuhkan/meredakan berbagai macam penyakit, sperti melancarkan haid, meredakan sakit radang lambung dan meredakan batuk. Cara membuat untu dijadikan obat batuk cukup mudah, kupas kencur lalu bersihkan, kemudian diparut hingga mengeluarkan sari airnya. Peras dan tambahkan sedikit garam dan air dan aduk hingga rata. Lalu minum air tersebut sebelum tidur dan setelah bangun tidur.








4. Madu murni


https://id.wikipedia.org/wiki/Madu
Sungguh banyak kandungan nutrisi dan manfaat yang dimiliki oleh madu, mungkin semua orang sudah mengetahuinya. Salah satuya madu dipercaya sebagai obat pereda batuk berdahak. Anda bisa meminumya minimal 3 kali sehari untuk meredakan batuk berdahak, sebelum tidur, setelah bangun tidur dan disiang hari.




5. Blimbing wuluh


Meskipun buah ini rasanya sangat kecut, ternyata dibalik rasanya yang kecut itu mempunyai kandungan yang bermanfaat, antara lain niacin, asam karoten, thiamine, kalsium, serat dan vitamin, yang mampu dipercaya mampu meredakan batuk berdahak. Jika anda ingin mencoba, anda tinggal memakanya langsung, untuk mengurangi rasa asam/kecut anda bisa menambahkan garam.




Itulah beberapa obat tradisional yang sering digunakan masyarakat untuk mengobati batuk berdahak, disarankan jika dengan obat tradisonal tersebut batuk anda tidak kunjung sembuh, segeralah kunjungi dokter atau rumah sakit. cukup sekian dan semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment