Saturday 24 October 2015

Obat bisul

Pengobatan bisul - obat bisul tradisional

oabt bisul

Pada artikel sebelumya yang telah saya rangkum tentang pengertian, gejala dan penyebab bisul. Pada artikel kali ini akan saya bahas mengenai pengobatan untuk penyakit bisul. Seperti yang kita ketahui bahwa penyakit bisul penyebab utamanya adalah bakteri,
sedangkan bakteri tersebut dipicu dari kebersihan badan yang kurang baik.

Walaupun penyakit bisul bisa diderita oleh semua usia, akan tetapi kebanyakan balita dan anak-anak yang sering mengalapi bisulan.
Kenapa kox balita dan anak-anak yang sering mengalami bisulan? Hal itu dikarenakan mereka belum mengerti pentingnya menjaga kebersihan badan, sehingga bakteri / kuman-kuman pun mudah menempel pada tubuh mereka.

Dimasa-masa balita ataupun anak-anak yang mereka pikirkan hanyal bermain dan bermain. Keringat yang bercucuran ketika bermain menimbulkan rasa gatal dan memaksanya untuk menggaruk sehingga merusak jaringan kulit dan menimbulkan infeksi.
Seringkali orang beranggapan salah jika terkena bisul tunggulah sampai matang dulu. Anggapan itu saya salahkan karena anda dapat mengobati bisul ketika telah mengetahui gejala-gejalanya.

Jika anda menunggunya sampai matang dulu, selain membutuhkan waktu yang lama bisul tersebut akan menjadi besar dan pastinya setelah sembuh akan meninggalkan bekas yang tidak disuka semua orang.
Sedangkan untuk pengobatan penyakit bisul, ada beberapa alternatif yang bisa anda lakukan.

Makanan yang dianjurkan oleh para ahli untuk mencegah timbulnya bisul.


1. Yoghurt dan produk susu rendah lemak

Kandungan yang terdapat pada makanan ini adalah probiotik dan bakteri sehat yang dapat melawan bakteri / kuman-kuman jahat yang memicu timbulnya bisul.

2. Kembang kol

Kembang kol memiliki kandungan yang sangat tinggi dari senyawa sulforaphane serta kaya akan vitamin c dan serat. Dan para ahli telah menganjurkan makan kembang kol untuk mencegah timbulnya bisul.

3. Buah pir

Kandungan yang terdapat pada buah pir adalah flavonoid yang sehat dan anti-oksidan. Selain itu, buah pir juga sangat kaya serat untuk mengatur proses pencernaan dalam tubuh dan melawan bakteri-bakteri jahat penyebab bisul.

4. Sayur kubis

Senyawa S-methylmethionine yang terdapat pada sayur kubis diyakini dapat melawan bakteri penyebab bisul dan menyembuhkanya. Bagi Anda yang terserang bisul agar mengkonsumsi makanan ini, saran dari pakar kesehatan.

5. Brokoli

Bnyak manfaat yang terkandung didalam brokoli, salah satunya adalah dapat mencegah timbulnya bisul. Penelitian yang telah dilakukan menemukan senyawa yang sehat seperti sulforaphane yang terdapat dalam brokoli, senyawa sulforaphane dapat membantu dalam pencegahan dan penyembuhan rasa sakit.

Obat bisul alami / tradisional

1. Garam

Kandungan antiseptik yang terdapat pada garam diyakini mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit dan diantaranya adalah bisul.
Cara pengobatanya cukup mudah, siapkan air panas kemudian tung garam secukupnya dan aduk-aduk sampai menyampur. Setelah itu gunakan untuk mengompres bisul anda. lakukan cara ini dengan benar dan teratur.

2. Daun sirih

Daun sirih merupakan tanaman herbal yang sering dijadikan obat untuk berbagai macam penyakit. Kandungan  yang terdapat pada daun sirih seperti fenil propana, minyak atsiri, hidroksikavicol, estragol, kavicol, kavibetol, allylpyrokatekol, caryophyllene, cyneole, cadinene, diastase, tanin, pati, seskuiterpena, terpennena dan gula dipercaya sebagai obat untuk mempercepat penyembuhan penyakit bisul.
Caranya, siapkan beberapa lembar daun sirih, cuci daun tersebut sebelum ditumbuk. kemudian tumbukan yang sudah halus tersebut dapat anda tempelkan pada bisul yang bernanah, gunakan perban untuk membalut bisul tesebut agar kandungan daun sirih tersebut dapat meresap kedalam bisul dan membunuh kuman-kuman penyebab bisul tersebut.

3. Daun ubi jalar

Daun ini mengandung senyawa bioaktif yang termasuk komponen fenol, tanin juga vitamin C yang mungkin berpengaruh terhadap peningkatan imunitas tubuh bahkan peningkatan trombosit. Senyawa bioaktif tanaman atau fitokimia memang dapat berpotensi sebagai obat untuk melawan berbagai penyakit dan salah satu penyakit tersebut adalah bisul.
Cara pengobatanya tidak berbeda dengan cara-cara diatas, cukup ditumbuk kemudian ditempelkan pada area yang terinfeksi bisul.

No comments:

Post a Comment