Saturday 17 October 2015

Obat cacar air

Apa saja obat untuk penyakit cacar air


obat cacar air
Pada artikel sebelumnya telah saya berikan informasi tentang penyebab dan gejala cacar air, maka pada artikel kali ini akan saya berikan tips tentang obat cacar air. Sebenarnya penyakit ini tidak memiliki langkah pengobatan khusus dan biasanya akan sembuh dengan sendirinya. Akan tetapi untuk mengurangi gejala dan rasa sakit dan gatal yang ditimbulkannya anda dapat melakukan langkah-langkah pengobatan sederhana berikut ini:


Seperti yang telah saya jelaskan diatas bahwa penyakit ini dapat sembuh dengan sendirinya. Akan tetapi ada juga kemungkinan virus tersebut menyerang lagi ketika seseorang tersebut mengalami panurunan daya tahan tubuh. Penyakit cacar air dapat diberi obat kimia seperti "Asiklovir" dapat anda dapatkan diapotik, obat ini berupa tablet, dengan dosis untuk orag dewasa/12 tahun keatas 800 mg per hari setiap 4 jam sekali.

Dan salep yang mengandung asiklovir 5%, cara pemakaianya dioleskan tipis di permukaan yang terinfeksi, dengan dosis 6 kali sehari selama 6 hari. Terakhir dengan larutan "PK" yang dapat anda dapatkan diapotik juga, dengan dosis sebanyak 1% dan dilarutkan dalam air mandi.

Setelah cacar air sembuh / ketika bentol-bentol yang berisi cairan tersebut kempis, maka dapat anda lakukan dengan perawatan bekas luka tersebut dengan banyak minum air mineral untuk menetralisir setelah mengonsumsi obat-obatan kimia tadi. Selain air mineral perbanyaklah mengkonsumsi vitamin C yang dapat anda peroleh langsung dari buah-buahan sperti jeruk, tomat, dan lain sebagainya.

Obat-obat diatas adalah obat kimia yang telah direkomendasikan oleh para dokter, Selain itu ada juga bahan-bahan tradisional yag dipercaya unuk mengobati cacar air:

Obat alami untuk cacar air yang aman dan berkhasiat


1. Temulawak, kencur, asam jawa, jahe

Keempat bahan tersebut adalah obat yang dipercaya nenek moyang untuk cacar air. Cara meraciknya sebagai berikut:
Bahan: temu lawak secukupnya + kencur secukupnya + asam jawa secukupnya + jahe secukupnya,
Cara membuatnya: dicuci dan dipotong-potong, lalu direbus dengan air sampai mendidih, setelah itu disaring, dan airnya diminum 2-3 kali sehari.

2. Mengkudu

Lebih dari 100 manfaat yang terkandung didalam buah yang satu ini, dan salah satunya sebagai obat cacar air. Cara meraciknya sebagai berikut:
Bahan: 2 buah mengkudu matang
Cara membuatnya: dicuci terlebih dulu, stelah itu bisa dijus, atau diparut dan diambil airnya, lalu diminum. Lakukan 2-3 kali sehari.

3. Jagung Muda

Selain bisa dimasak ternyata jagung muda juga mempunyai khasiat menyembuhkan cacar air, cara meraciknya sebagai berikut:
Bahan: jagung muda secukupnya
Cara membuatnya: cuci terlebih dahulu jagung muda. Setelah itu parut, lalu oleskan pada bagian kulit yang terkena cacar air secara rutin.

4. Daun sirih dan daun cangkrang

Kandungan antiseptik dari daun sirih juga dapat digunakan sebagai obat cacar air, sedangkan daun cangkrang sudah dipercaya nenek moyang sebagai bahan pengobatan cacar air. Jika anda kesulitan mencarinya, anda bisa mendapatkanya dipasar.
Bahan: Daun sirih dan daun cangkrang secukupnya
Cara membuatnya: potong-potong kedua daun tersebut dan masukkan kedalam air panas, diamkan beberapa saat sampai airnya agak mendingin dan gunakan untuk mandi.

Sebetulnya cacar air bukan termasuk penyakit berbahaya. Dengan kata lain, walau tanpa diobati, bila daya tahan tubuh seseorang fit maka bisa sembuh dengan sendirinya. Akan tetapi memeriksakan kedokter adalah langkah yang paling disarankan. Cukup sekian dan semoga artikel ini bermanfaat.

No comments:

Post a Comment