Saturday 24 October 2015

penyebab bisul

Pengertian - penyebab bisul - ciri-ciri bisul




penyebab bisul


Pada artikel kali ini saya akan memberikan penjelasan mengenai penyaki bisul. Apa sich bisul itu, bagaimana cirinya dan sakit atau tidak? Banyak orang-orang yang bertanya dengan kalimat tersebut walaupun sebenarnya mereka penah mengalaminya.


Dalam bahasa medis bisul dapat diartikan sebagai infeksi yang terjadi pada kulit dengan dimulai dari benjolan kemerahan kemudian membesar membentuk mata nanah berwarna putih yang terlihat ditengahnya dan disertai dengan rasa sakit/nyeri. Sedagkan untuk pemahaman sederhana bagi orang awan agar mudah mengenalinya dapat diartikan sebagai jerawat besar yang muncul diseluruh badan, biasanya di ketiak, paha, leher, dan juga wajah.

Walaupun Penyakit ini merupakan penyakit yang cukup dikenal di masyarakat, akan tetapi terkadang banyak yang masih bingung atau belum paham dalam hal mengenalinya. Jadi sebelum mengobati bisul anada harus paham dahulu ciri dari penyakit tersebut, supaya anda tidak salah dalam membeli obat ataupun mengobatinya dengan bahan-bahan tradisional. Dibawah ini adalah ciri-ciri umum dari penyakit bisul yang sering terjadi

Ciri-ciri bisul


1. Terdapat benjolan pada kulit yang seukuran kurang lebih sebesar biji pisang, pada kasus yang parah benjolan tersebut bisa sebesar telur puyuh.
2. Disekitar benjolan tersebut membengakak dan berwarna merah
3. Menimbulkan rasa sakit
4. Benjolan {bisul} tersebut biasanya muncul diarea paha, punggung, pinggul, ketiak dan ada juga yang timbul di leher dan wajah
5. Semakin hari benjolan tersebut membesar
6. Dan ujung bisul tersebut menjadi putih kekuningan menandakan ada nanah didalamnya
7. Dikasus yang parah kadang penderita sering merasa tidak enak badan disertai dengan demam.

Itulah 7 ciri/gejala umum yang mudah anda kenali, Lalu apa sja penyebab terjadinya bisul itu?. Para ahli kesehatan menjelaskan bahwa penyebab utama dari bisul adalah infeksi bakteri. Akan tetapi selain bakteri ada juga penyebab penyebab lain yang memicu timbulnya bisul.

Penyebab-penyebab bisul

1. Bakteri dan kuman

Bakteri dan kuman adalah penyebab utama yang memicu munculnya bisul pada kulit, masuknya bakteri/kuman tersebut biasanya melalui pori-pori pada kulit.
Bakteri stafilokokus dalah bakteri yang menjadi penyebab bisulan, Bakteri jenis ini bisa dan mudah menular, terutama ketika terjadi kontak kulit antara kulit si penderia bisul dengan kulit yang sehat. Jadi usahakan jangan memencet bisul tersebut agar cairan yang ada didalamya tidak menyebar kemana-mana, karena cairan tersebut berisi kuman/bakteri yang bisa menular.


2. Kebersihan badan

Kebersihan badan adalah salah satu faktor yang bisa memicu timbulnya bisul, jika kita kurang bersih dalam menjaga kebersihan badan maka bakteri-bakteri tersebut akan dengan mudah untuk masuk kedalam tubuh kita melalui pori-pori kulit.
Begitu juga dengan sebaliknya jika kita selalu menjaga kebersihan badan maka bakteri/kuman penyebab bisul tersebut tidak akan muncul dan mau masuk ke dalam kulit yang higienis. Hal-hal sederhana yang dapat anda lakukan untuk menjaga kebersihan badan antara lain:

-Mandi secara teratur dengan menggunakan sabun anti bakteri
-Hindari menggunakan benda yang digunakan bergantian oleh banyak orang misalnya handuk, pakaian
-Segeralah mencuci tangan jika melakukan kontak fisik dengan orang yang mengalami bisul
-Sewaktu bekerja, jika pekerjaan anda dipabrik atau ditempat-tempat yang managandung banyak alergen sebisa mungkin gunakanlah pelindung kulit misalya kaos tangan atau bahan yang lainya
-Wajib mencucui tangan sebelum makan

3. Dikarenakan alergi

Alergi juga dapat memicu timbulnya bisul, sebagai contoh seseorang yang alergi terhadap debu atau makanan tertentu, jika alergen trsebut masuk kedalam tubuhnya maka alergi akan terjadi. Dan salah satu alergi tersebut adalah bisul

4. Makanan

sponsored links

Selain masuk lewat pori-pori kulit ternyata bakteri stafilokokus juga dapat masuk atau menular melalui makanan yang anda konsumsi sehari – hari. Makanan yang terlalu tinggi kaya akan protein yang anda konsumsi sehari – hari disinyalir dapat menjadi salah satu pemicu timbulnya bisul pada tubuh anda. Contoh makanan yang tinggi akan protein antara lain:

  Telur
  Daging merah
  Susu

5. Luka

Selain melalui pori – pori kulit, luka pada bagian kulit juga dapat memicu terjadinya bisul pada kulit anda. dengan adanya luka ini, bakteri tersebut dapat menginfeksi dan masuk ke dalam jaringan kulit anda sehingga dapat menyebabkan bisul. Contoh luka tersebut antara lain

- Tertancap duri, duri yang menancap didalam kulit anda jika tidak segera dikeluarkan lama kelamaan akan memicu timbulnya bisul

- Luka goresan, jika penanganan luka {walaupun cuma sebatas luka goresan} tidak dilakukan dengan baik atau kurang dalam membersihkannya, maka dapat memicu timbulnya bisul

- penyembuhan luka yang lambat, penyembuhan luka yang lambat dan biasanya terjadi pada penderita penyakit kronis, seperti diabetes. Fakta dari penyakit ini adalah memiliki faktor resiko yang tinggi dalam timbulnya bisul pada kulit.

Memeriksakan diri kedokter sangat disarankan untuk penderita bisul, adapun obat bisul alami/tradisional yang dapat anda manfaatkan.

No comments:

Post a Comment