Friday 6 November 2015

Cara hilangkan ketombe

Cara hilangkan ketombe

Seperti artikel sebelumya mengenai bau mulut dan bau badan, ketombe juga termasuk kedalam masalah sehari-hari yang dapat mengurangi rasa percaya diri seseorang. Oleh karna itu marilah kita mengenal lebih dalam tentang keombe, tentang pengertian dan penyebabnya supa lebih mudah untuk mengatasinya.

Pityriasis capitis sebutan nama ilmiah dari ketombe, pengelupasan kulit mati yang berlebihan pada kulit kepala seseorang. Pengelupasan tersebut terjadi secara normal, akan tetapi jika pengelupasan kulit kepala tersebut dialami oleh orang yang sensitif terhadap suatu kondisi {cuaca yang terlalu dingin ataupun panas} maka pengelupasan tersebut akan berlangsung secara cepat. Sehingga kondisi tersebut menyebabkan ketombe.

Gejala/ciri-ciri ketombe

gejala/ciri umum dari ketombe yang dirasakan adalah kulit kepala terasa kering, kencang dan gatal. Sedangkan ciri umum yang dapat terlihat oleh orang adalah serpihan-serpihan kecil yang jatuh dari kepala dan sering menempel pada pundak sesorang. Kondisi itulah yang membuat seseorang kehilangan rasa percaya dirinya.

Penyebab ketombe


1. Suatu mikro organisme yang disebut dengan Malassezia globosa. semua orang memiliki mikro organisme tersebut, dan ada pula beberapa orang yang sensitif terhadap mikro organisme sehingga menyebabkan ketombe.

2. Karena cuaca yang terlalu dingin ataupun panas juga dapat memicu timbulnya ketombe. Hampir semua orang jika mengalami kondisi ini dapat dipastikan ketombe akan muncul.

3. Sensitif terhadap suatu zat tertentu, yang dimaksut zat disini adalah shampo. Sebagian orang ada yang tidak cocok dengan zat/shampo tertentu sehingga menimbulkan ketombe.

Penangan untuk ketombe


1. Rawatlah kulit kepala anda dengan teratur dan memakai shampo anti ketombe yang anda rasa cocok, karena tidak semua orang cocok dengan shampo anti ketombe yang sama.

2. Reaksi ketombe memang memberikan rasa gatal di kulit kepala serasa kita ingin menggaruk-garuk kulit kepala, akan tetapi kebiasaan mengaruk kulit kepala justru dapat menyebabkan iritasi pada kulit. Sehingga ketombe dapat berkembang lebih banyak diseluruh area kulit kepala.

3. Jika kondisi ketombe anda semakin banyak, maka gunakan produk shampo yang memiliki kandungan zat selenium sulfida, zinc pyrithione, asam sulfur/salisilat. Karena kandungan zat-zat tersebut sangat berkhasiat dalam menghilangkan ketombe. Akan tetapi yang perlu anda ingat adalah penggunaan jangan terlalu banyak, secukupnya saja karena jika berlebihan dapat menimbulkan iritasi pada kulit.

Penanganan ketombe juga dapat dilakukan meggunakan bahan-bahan tradisioanal yang telah dipakai oleh nenk moyang kita dahulu. Jaman dahulu meskipun belum ada shampo seperti sekarang ini, mereka {nenek moyang} yang selalu menjaga kebersihan badan dan rambutnya pasti terlihat sehat. Hal itu dikarenakan bahan-bahan alami yang mereka gunakan memiliki khasiat luar biasa serta tidak menimbulkan efek samping yang membahayakan. Bahan-bahan tradisonal tersebut antara lain:

1. lidah buaya

Lidah buaya merupakan bahan alami yang sering digunakan untuk mengatasi masalah kulit kepala diantaranya adalah ketombe. Ketombe muncul ketika kulit kepala anda kering, maka dengan lendir pada lidah buanya yang sifatnya basah serta dingin itu dipercaya berkhasiat menghilangkan ketombe anda.

2. jeruk nipis

Jeruk nipis mempunyai kandungan anti-bakteri, anti-inflamasi, dan antiseptik yang sangat bermanfaat untuk menghilangkan ketombe yang menempel di kulit kepala. Maka tak heran banyak berbagai produk shampo anti ketombe yang bahan utamanya memakai jeruk nipis. Jika anda ingin mencoba caranya cukup mencampurkan perasan air jeruk nipis tersebut dengan shampo atau bisa juga membelah jeruk nipis tersebut kemudian menggosokan kekulit kepala anda.

3. bawang merah

Bawang merah an sudah dikelupas atau diiris-iris mempunyai zat antiseptik dan berkhasiat dalam membunuh kuman/bakteri yang ada dikulit. Itulah sebabnya mengapa bawang merah menjadi salah satu bahan yang berkhasiat dalam menghilangkan ketombe. Kita tahu sendiri bahwa penyebab ketombe adalah organisme kecil yang disebut Malassezia globosa, oleh sebab itu bawang merah yang telah diiris-iris mampu dalam melawan Malassezia globosa tersebut.

4. Garam

Semua orang mungkin sudah mengetahui bahwa garam mempunyai fungsi untuk menetralisir atau mengurangi aktivitas perkembangbiakan jamur. Sebagai contoh para nelayan menggunakan garam untuk mengawetkan ikan, hal itu dikarenakan jamur/bakteri yang bisa membuat ikan menjadi busuk mati. Oleh karena itu pemakaian garam untuk menghilangkan ketombe merupakan salah satu cara yang tepat. Anda bisa memakainya untuk campuran shampo pada waktu keramas.

Itulah beberapa tips/cara yang mudah untuk menghilangkan ketombe, akan tetapi ada hal yang perlu diingat. Bahan tersebut belum tentu cocok oleh semua orang, hal itu dikarenakan setiap orang mempunyai tingkat sensitif dikulit kepala yang berbeda-beda.A

No comments:

Post a Comment