Wednesday 23 December 2015

Cara memaster burung kenari yang baik

Cara-cara memasterkan burung kenari untuk pemula


cara memasterkan burung kenari yang baik


memaster kenari adalah proses melatih burung {burung kenari} agar bisa berkicau menirukan suara burung lain. Selain itu selain suara burung, suara lain pun dapat kita masterkan. Sebagai contoh burung beo/nuri yang bisa menirukan suara manusia.


Faktor-faktor dalam memilih burung untuk dimasterkan
- Faktor genetik

Sebelum memilih burung kenari yang akan dimasterkan kita harus mengetahui kualaitas indukanya, hal itu dimaksudkan agar kenari yang kita pilih mempunyai karakter suara yang tidak berbeda dengan indukanya. Indukan yang mempunyai kualitas suara dan daya ingat yang bagus adalah indukan yang bisa kita jadikan patokan. Maka dari itu sangat disarankan untuk memilihh kenari dari keturunan/indukan yang mempunyai daya tangkap, daya ingat serta mental juara agar kita bisa mendapatkan hasil kenari masteran seperti yang kita harapkan.

- Jenis burung

Diantara jenis-jenis kenari seperti kenari lokal, kenari lokal super, kenari AF, kenari F1, kenari F2, dan lain lain. Sangat disarankan untuk memilih jenis kenari besar seperti f1, f2, yorkshire dan lain.

Tata cara memasterkan burung kenari yang baik dan benar


Sebelum kita memulai proses pemasteran, ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan

1. lingkungan
2. waktu pemasteran
3. keshatan si burung
4. lagu yang harus dimasterkan

- Hal pertama tentunya kita harus memilih kenari jantan yang masih anakan terlebih dahulu. Setelah anakan kenari disapih dari induknya, segera jauhkan kenari anakan tersebut ketempat lain supaya tidak mendengar suara indukanya. Pilihlah tempat yang jauh dari keramaian untuk memasterkan burung kenari tersebut. Karna tempat yang tenang akan membuat kenari mudah berkonsentrasi untuk menghafal dan mengingat suara masteranya.

- Langkah kedua kita harus memahami karakter kenari tersebut, mulai dari kapan tidurnya, kapan istirahatnya, dan kapan jam aktif-aktifnya. Setelah kita mengetahui jam-jam istirahat dan jam santainya, gunakan jam-jam tersebut untuk proses pemasteran. Seperti yang telah kita tulis diatas bahwa waktu pemasteran hal yang penting untuk menunjang keberhasilan. Pilihlah waktu pemasteran ketika kenari tersebut dalam keadaan tidur/sedang bersantai.

- Setelah itu buatlah jadwal untuk memasterkan kenari tersebut, siapkan tempat dan rekaman burung masteranya dan ikuti jadwal pemasteranya secara teratur. Tujuan dari pembuatan jadwal sendiri adalah agar burung kenari terbiasa/tidak bingung, karena burung yang sering bingung akan mudah stres.

- Berikan satu lagu/suara masteran yang sama pada 1 bulan pertama agar burung kenari tersebut tidak bingung dan mudah untuk mengingat satu lagu/suara masteran tersebut. Dengarkan lagu/suara masteran tersebut sebanyak 3 – 4 kali dalam sehari diwaktu santai/tidur dengan durasi kurang lebih setengah jam dan dengan volume suara yang sedang dan jelas. Dan pakaikanlah kerodong sangkar selama proses pemasteran tersebut berlangsung. Selain itu pemasteran diluar jadwal tersebut juga dapat dilakukan ketika kenari selesai dari proses penjemuran/saat bersantai.

- Jika pada bulan pertama tersebut kenari berhasil menguasai lagu/suara masteranya tersebut maka pada bulan berikutnya dapat kita berikan variasi suara masteran yang lain. Namun jika pada bulan pertama kenari belum bisa menghafal lagu masteranya, maka pada bulan berikutnya kita harus mengulangi pada satu lagu tersebut.

Sumber artikel: campusternak.blogspot.co.id

No comments:

Post a Comment