Saturday 7 May 2016

Tips perawatan burung kenari mabung yang benar

Burung kenari adalah salah satu jenis hewan unggus yang akan mengalami yang namanya perontokan bulu/mabung/molting/ngurak. Dimana proses tersebut akan memberhentikan segala sesuatu yang sifatnya menguntungkan bagi peternaknya, misalnya untuk jenis burung, jika proses mabung terjadi pasti segala proses kicauan, berelur dan lain sebagainya akan terhenti. Dan misalnya untuk bebek, jika proses mabung terjadi pasti bebek tersebut akan berhenti isatirahat untuk tidak bertelur. Dan misalnya juga untuk ayam, maka proses betelurnya juga akan terhenti.


perawatan kenari mabung



Namun pada artikel kali ini saya akan memberikan sedikit informasi mengenai cara merawat burung kenari yang sedang dalam proses pergantian bulu/mabung supaya mabungnya tersebut segera selesai/tuntas. Untuk burung kenari proses mabung akan terjadi pada umur 4 bulanan untuk pertama kalinya, untuk proses mabung yang kedua akan terjadi pada umur kurang lebih 1 tahun, dan setelah itu proses mabung akan terjadi lagi ketika burung kenari berumur kurang lebih 2 tahun.

Namun selain fase/proses mabung alami seperti yang telah dijelaskan diatas burung kenari juga bisa mengalami mabung/perontokan bulu apabila bulu-bulunya tercabut secara paksa, atau saat kita memegang kurang hati-hati, bisa juga karena burung kenari saling berkelahi. Maka dari itu kita harus berhati-hati disaat memegang burung kesayangan kita supaya proses mabung tidak terjadi.

Sebelum berlanjut untuk membahas cara perawatan kenari mabung, perlu kita ketahui mengenai hal-hal yang kurang tepat kita lakukan disaat burung kenari mabung

1. Jangan selalu memandikan kenari disaat mabung

Pada saat kenari mabung sebisa mungkin jangan terlalu sering memandikannya, proses mabung memerlukan kehangatan karena bulu-bulunya rontok semua, maka dari itu jangan terlalu sering memandikan kenari disaat mabung. Mamandikan sebenarnya bisa kita lakukan namun setelah bulu barunya tumbuh, itupun juga jangan terlalu sering, minimal seminggu/2 minggu sekali.

2. Jangan terlalu lama menjemur

Disaat kenari mabung jangan terlalu lama menjemur burung kenari tersebut, atau sebaiknya jangan menjemurnya dahulu. Kenari mabung membutuhkan kelembapan untuk membantu pertumbuhan bulunya supaya tumbuh dengan sempurna. Dan jika diperlukan karena kenari tersebut merasa kedinginan, penjemuran dapat kita lakukan dipagi hari sekitar jam 7 dan waktunya jangan terlalu lama, setengah jam saja sudah cukup itupun jangan terlalu sering, setidaknya 3 hari sekali atau 1 minggu sekali itu sudah cukup.

3. Jangan terus terus terusan mengkrodong
Banyak yang beranggapan jika kenari mabung sebaiknya selalu dikrodong supaya tidak kedinginan, anggapan tersebut memang benar jika kita lakukan dimalam hari, karena malam hari suhu udara dingin, untuk itu perlu dilakukan pengkrodongan. Numu disiang hari jangan terlalu sering mengkrodongnya, cukup diangin-anginkan saja, setelelah itu pengkrodonagan dapat kita lakukan namun dalam waktu yang sewajarnya saja.

Langkah perawatan kenari mabung



- Pada pagi hari setelah burung kenari bangun dari tidurnya segera diangin-anginkan

- Tempatkan burung di tempat yang sepi, jauh dari lalu lintas manusia. Sebaiknya burung lebih banyak dalam kondisi dikerodong.

- Jangan dimandikan setiap hari, jika diperlukan cukup 1x seminggu saja.

- Penjemuran juga jangan dilakukan setiap hari, jika diperlukan cukup 4 - 6 hari sekali saja, itupun dengan waktu yang tidak terlalu lama, setengah jam saja sudah cukup

- Pemberian pakan,  pakan tambahan diberikan lebih banyak karena sangat diperlukan untuk pembentukan sel-sel baru dan untuk pertumbuhan bulu baru. Misalnya: Tambahkan biji Niger Seed, variasikan pemberian sayuran segar dan buah.

- Berikan Vitamin dan Mineral yang berkualitas yang dicampur di air minum 2x seminggu, yang bisa anda dapatkan ditoko pakan terdekat.

- Jika anda adalah peghobi memasterkan burung kenari maka lakukan pemasteran. Masa mabung adalah waktu terbaik untuk memaster burung kenari. Karena pada saat mabung burung lebih banyak pada kondisi diam dan mendengar. Inilah saat yang tepat untuk memberikan variasi suara sesuai dengan yang kita inginkan.

Itulah sedikit perawatan kenari mabung yang dapat anda lakukan supaya proses mabungnya tersebut segera tuntas dan burung kenari segera menjalani aktifitas seperti biasanya. Cukup sekian dan terima kasih..

No comments:

Post a Comment