Thursday 21 December 2017

Kandungan dan manfaat ginseng untuk kesehatan

Ginseng adalah tanaman obat yang mempunyai berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh bagi wanita maupun pria. Kebanyakan masyarakat hanya mengetahui  jika ginseng berasal dari Korea saja, pasalnya ginseng yang banyak beredar adalah ginseng dari  korea. Namun tahukah anda bahwa ternyata dibumi ini terdapat berbagai jenis ginseng yang berasal dari daerah yang berbeda beda, contohnya saja seperti ginseng Amerika dengan nama latin Panax quinquefolius, ginseng Vietnam dengan nama latin panax vietnamensis, som jawa atau ginseng Jawa, dan ginseng korea panax  schinsen.

Dari beberapa jenis ginseng  yang berasal dari berbagai daerah ternyata ginseng Korea atau panax schinsen  yang mempunyai kualitas terbaik apabila dibandingkan dengan jenis ginseng yang lain. Menurut para peneliti bahwa ginseng korea mempunyai kualitas baik dibandingkan ginseng lain karena ginseng tersebut tumbuh pada iklim yang mendukung serta tanah yang subur. Sejak jaman dahulu masyarakat Korea sudah memanfaatkan ginseng untuk berbagai jenis pengobatan, sehingga ginseng tersebut dihargai dengan harga yang mahal.





Kandungan ginseng beserta manfaatnya


Ginseng memiliki kandungan zat yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh, dan berikut beberapa kandungan ginseng. Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B12, Vitamin C, Ester, mineral, Zat besi, Asam folat, Minyak vaporising, Asam organik, Sterols, Resin, Ginsenosides, Glikosida, Phytosterol, Fenolase, Neoclaven, Minyak atsiri, Enzim, Kamfer, Pansenoside, Geomisin N, Geomisin A, Gula dan Saponinin.

Manfaat ginseng untuk tubuh


1. Meningkatkan stamina
Bukan merupakan rahasia lagi jika ginseng  mempunyai khasiat untuk meningkatkan stamina, bahkan ginseng juga sering digunakan untuk bahan baku pembuatan minuman berstamina. Hal ini  dikarenakan ginseng memiliki kandungan zat sapanonin yang berguna untuk meningkatkan stamina.

2. Meningkatkan sistem imun dalam tubuh


Sistem imun merupakan sistem perlindungan/pertahanan tubuh manusia terhadap bakteri jahat, parasit, protozoa ataupun virus yang merugikan. Selain bermanfaat sebagai penambah stamina ginseng juga bermanfaat untuk meningkatkan Sistem imun dalam tubuh. Beberapa kandungan vitamin yang ada pada ginseng yang dapat membantu tubuh untuk meningkatkan sistem imun dalam tubuh.

3. Menyamankan Saat Menstruasi

Biasanya para wanita akan merasakan rasa tidak nyaman ketika sedang menstruasi. Ginseng memiliki sifat anti-inflamasi, untuk itulah sering disarankan bagi para wanita yang sering merasakan rasa tidak nyaman saat menstruasi sedang berlangsung. Tidak hanya itu saja, ginseng juga berkhasiat menenangkan suasana hati para wanita ketika menstruasi, karena biasanya wanita akan mudah marah apabila mentruasi sedang berlangsung.

4. Mengurangi Stres

Kandungan pada ginseng yaitu ginsenosides dapat meningkatkan kewaspadaan dan kejernihan mental seseorang. Hal tersebut tentu sangat baik, karena dengan demikian ginseng memiliki anti-depresandan yang bermanfaat sebagai anti-kecemasan sehingga mental lebih sehat.

5. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Ginseng korea atau panax schinsen merupakan obat herbal alami yang sangat baik untuk mengobati masalah gangguan perut, diantaranya seperti, diare, nafsu makan kurang, mual, muntah dan melancarkan sistem pencernaan.

6. Untuk pembersih  wajah
Manfaat ginseng selanjutnya adalah digunakan untuk pembersih toner dan area wajah. Untuk pembuatan masker, ginseng dapat digunakan sebagai bahan dasar pembuatannya. Ginseng yang ditumbuk kemudian dicampur dengan beberapa bahan alami lainnya seperti madu, minyak bunga matahari dan air dapat digunakan sebagai masker wajah.

7.  Untuk kesehatan Rambut
Kandungan karbohidrat alami yang ada pada ginseng dapat mencegah alopecia dan kebotakan pada pria. Dengan menggunakan salep ginseng atau bahan alami yang terbuat dari ginseng dapat meningkatkan kesehatan folikel rambut, mencegah ketombe, dan mengurangi rambut rontok.

8. Untuk kesehatan Kulit
Dengan merangsang aliran darah ke seluruh tubuh, terutama pada sel-sel kulit, ginseng dapat menjaga kulit terlihat muda dan bersih. Selain berguna untuk mengurangi tanda-tanda penuaan dini seperti kulit kriput, ginseng juga berfungsi untuk detoksifikasi pada kulit.

9. Sebagai obat ejakulasi dini
Tahukah anda bahwa ternyata panax ginseng juga berkhasiat untuk vitalitas seorang pria untuk mengatasi masalah ejakulasi dini dan disfungsi ereksi yang diderita kaum lelaki. Menurut penelitian mengkonsumsi ginseng dalam jumlah 900 mg 3 kali sehari bisa menjaga kesehatan organ intim pria yang mempunyai masalah disfungsi ereksi. Tidak hanya itu saja, ginseng yang ditumbuk dan dibalurkan pada organ intim pria dapat digunakan  sebagai ramuan untuk mengatasi ejakulasi dini, khasiatnya juga tidak kalah jauh dengan ramuan herbal yang banyak dijual dipasaran seperti Foredi, hajar jahanam maupun duravel.

Cara menggunakan ginseng sebagai obat alami ejakulasi dini juga tidak berbeda dengan cara pakai hajar jahanam atau Foredi, dimana cara pakainya dengan menumbuk ginseng kemudian mencampurkannya dengan cream lalu mengoleskannya pada organ intim pria 1 jam sebelum melakukan hubungan intim dengan sang istri. Dan setelah satu jam berselang cuci organ intim sampai bersih sebelum berhubungan, cara ini terbilang aman digunakan tanpa efek samping, karena para pakar kesehatan menyarankannya daripada mengkonsumsi obat obatan untuk vitalitas pria yang dikonsumsi secara terus menerus.

Manfaat ginseng untuk kesehatan tubuh sangatlah banyak, namun kita juga harus bijak dalam mengkonsumsi maupun menggunakannya. Jangan berlebihan dalam mengkonsumsi maupun menggunakannya agar kita bisa mendapatkan manfaatnya.

No comments:

Post a Comment