Tuesday 10 November 2015

Obat cacingan alami


obat cacingan alami


Perlu anda ketahui dan jangan dianggap remeh bahwa penyakit cacingan bisa mengakibatkan hal-hal yang buruk bagi kesehatan tubuh. Jika Anda atau anak anda mengalami gejala-gejala penyakit cacingan seperti yang telah saya jelaskan pada artikel sebelumnya tentang ciri anak cacingan, maka segeralah untuk konsultasi dengan dokter mengenai cara penanganan serta pengobatan yang tepat yang harus segera dilakukan.

Tips Mencegah cacingan


Sebenarnya tips yang pokok untuk mencegah cacingan adalah dengan menjaga kebersihan dengan baik, akan tetapi selain itu ada cara/tips lain yang perlu anda ketahui:

1. Jika anda membeli daging, pilihlah daging yang segar dan simpan dengan baik.
2. Masaklah daging dengan matang, karena sebagian besar makanan untuk penularan cacing berasal dari daging.
3. Selalu mencuci buah ataupun sayur sebelum anda makan.
4. Jika terkena cacingan, setiap pagi basuhlah anus anda dengan sabun anti bakteri, kerena biasanya cacing bertelur dimalam hari, khususnya bagi cacing kremi.
5. Selalu gantilah dan cuci pakaian dalam dan seprei setiap hari ketika salah satu keluarga terkena cacingan.
6. Hindari menggaruk di sekitar anus yang gatal, jika tidak bisa ditahan, setelah menggaruk segera cuci tangan dengan sabun.
7. Potong kuku dengan teratur, karena ketika menggaruk anus yang gatal, kuku tersebut bisa menjadi tempat untuk telur cacing.
8. Cucilah tangan anda sebelum makan, sesudah buang air besar dan sebelum tidur,
9. Usahakan berjalan selalu menggunakan alas kaki, karena salah satu cacing diatas dapat masuk kedalam tubuh melalui kulit yang tidak terlapisi, apalagi saat musim hujan.

Itulah 9 tips/cara untuk mencegah cacingan sedini mungkin. Lalu bagaimana jika anak anda terlanjur terkena cacingan, apa obat cacingan yang alami tanpa menimbulkan efek samping yang berbahaya bagi seseorang/anak?? Jika terlanjur tertular cacingan, hal yang pertama kali perlu anda lakukan adalah memeriksakan kedokter. Pak/bu dokter nanti pasti akan memberikan obat dengan dosis yang aman.


Obat cacingan alami yang berkhasiat

Apakah ada bahan alami untuk mengusir/mengobati cacingan? Ada bahan alami yang dipercaya bisa mengusir/mengobati cacingan, bahan-bahan tersebut antara lain:

1. Daun pepaya

Dengan kandungan rasa pahitnya daun pepaya diyakini mampu mengusir/mengobati jenis cacing kremi.
cara pengolahanya: ambil daun pepaya secukupnya, lalu rebus daun tersebut, dan minum disaat masih hangat. Dosisnya 2 kali sehari, sebelum tidur dan setelah bangun tidur sebelum makan dan minum apa-apa.

2. Biji buah pepaya

Tidak hanya daun dan buahnya yang bermanfaat, biji buah pepaya juga berkhasiat mengusir/mengobati jenis cacing gelang.
cara pengolahanya: Biji pepaya tersebut dikeringkan, setelah kering ditumbuk sampai halus, kemudian seduh 1 sendok biji yang dialuskan tadi dengan air mendidih dan tambahkan sedikit garam, setelah itu minumlah ketika masih hangat 2 kali sehari, sebelm dan sehabis bangun tidur.

3. Kelapa

Kelapa juga bermanfaat menghilangkan/mengusir cacing jenis kremi. Kadang ibu-ibu bilang jangan makan kelapa nanti bisa cacingan, ungkapan itu sebenarnya salah. Memang sering ada kasus anak makan kelapa kemudian dimalam hari anusnya gatal. Justru cacing tersebut ingin keluar melalui anus sehingga menyebabkan gatal. Cacing tersebut ingin keluar dikarenakan anak tersebut makan kelapa.


itulah sedikit cara pencegahan dan obat cacingan alami yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat..

No comments:

Post a Comment